Siklus Menstruasi Pada Wanita

Siklus Menstruasi Pada Wanita – Menstruasi merupakan hal normal yang akan terjadi pada wanita normal. karena menstruasi merupakan tanda bahwa hormon wanita telah bekerja dengan baik, dan sudah bisa terjadi kehamilan jika ada pembuahan. Menstruasi yang normal terjadi pada wanita di mulai pada dari umur 11 tahun. menstruasi juga memiliki masa nya waktu, sehingga datang nya menstruasi bisa di tentukan dengan siklus yang terjadi. Siklus menstruasi pada wanita akan terjadi berbeda beda, dari mulai yang tidak terlalu lama yaitu 22 hari, atau yang lama hingga 35 hari. siklus menstruasi pada wanita bisa menjadi penentu masa subur sehingga dapat dengan mudah untuk menentukan pembuahan atau kehamilan.

siklus menstruasi

siklus menstruasi

Fase Siklus Menstruasi

Menstruasi juga dapat di tentukan dengan fase fase yang akan terjadi. Dan ada beberapa fasa siklus menstruasi terjadi dipengaruhi oleh beberapa hormon. Seperti berikut :

  • Estrogen

Hormon estrogen akan berpengaruh pada siklus menstruasi pada wanita. karena jika tidak ada hormon estrogen tidak akan terjadi menstruasi. Hormon estrogen sudah di produksi dengan baik jika wanita telah memasuki pubertas sehingga terjadi siklus menstruasi. Pembentukan lapisan rahim hingga menebal kembali setelah menstruasi juga di pengaruhi oleh hormon estrogen.

  • Progestrogen

Hormon progestrogen hampir sama dengan estrogen yaitu dengan membantu untuk proses siklus menstruasi pada wanita. selain itu peran penting dari progestrogen adalah untuk menjaga janin jika sedang terjadi kehamilan. Untuk mengembalikan lapisan rahim juga akan di bantu oleh hormon progestrogen.

  • Gonadotropin

Jika sebelum nya hormon di produksi oleh ovarium, maka hormon selanjut nya di produksi oleh otak yang akan membantu untuk merangsang hormon lain untuk melancarkan siklus menstruasi pada wanita.

  • Hormon pelutein

Siklus menstruasi pada wanita juga dipengaruhi oleh hormon pelutein yang akan membantu untuk sel telur dan juga proses ovulasi, yang di produksi oleh ovarium.

  • Hormon folikel

Hormon folikel juga akan membantu untuk siklus menstruasi pada wanita, dan untuk proses pematangan sel telur akan di pengaruhi oleh hormon folikel.

Proses Menstruasi

Sebelum terjadi nya menstruasi maka ada fase fase yang akan terjadi atau di kenal dengan siklus menstruasi pada wanita, dan fase tersebut di bagi beberapa bagian

  • Fase pertama

Siklus menstruasi pada wanita pada fase pertama maka akan terjadi peluruhan dinding rahim, berupa darah yang akan keluar dari vagina. pada siklus menstruasi di hari pertama maka darah yang akan keluar kurang lebih sebanyak 30-40 ml. Ada beberapa wanita akan merasakan sakit ketika hari pertama terjadi menstruasi, hal itu wajar terjadi. Karena di rahim memiliki otot yang akan mengalami kontraksi saat dinding rahim mengalami peluruhan. Menstruasi juga dapat terjadi karena penurunan dari hormon estrogen serta progestrogen.

  • Fase kedua

Siklus menstruasi pada wanita yang kedua merupakan keadaan rahim yang sudah tidak lagi menipis akibat pelurahan dinding rahim dan peluruhan estrogen dan juga hormon progetsrogen. Jika fase kedua telah terjadi permukaan dinding rahim sudah mengembalikan keadaan nya seperti normal dengan sedikit menebalkan dinding. Hal ini juga di sebut dengan masa ovulasi karena dinding rahim yang tidak terlalu tebal bisa di lewati sperma dengan mudah hingga bisa terjadi proses kehamilan jika sperma berhasil melakukan pembuahan. Untuk kemungkinan kehamilan pada fase kedua siklus menstruasi cukup tinggi, karena sperma dapat bertahan hidup di dalam rahim selama 5 hari. karena pada saat fase ini hormon estrogen sedang mengalami peningkatan.

  • Fase ketiga

Fase siklus menstruasi yang ketiga merupakan keadaan dinding rahim yang sudah mulai menebal, karena ada nya peningkatan hormon progestogen. Untuk terjadi kehamilan pada fase ini akan sangat kecil karena keadaan dinding rahim yang menebal akan sulit untuk di lewati dengan mudah oleh sperma. Pada masa ini wanita juga akan sangat sensitif karena ada nya peningkatan hormon, dan juga perubahan fisik. perubahan fisik yang terjadi seperti payudara yang akan terasa nyeri dan juga lebih kencang, mudah lelah, pusing kepala, dan juga perut kembung atau perubahan ini di sebut juga dengan gejala PMS. Dan di beberapa hari kemudian, dinding rahim yang menebal perlahan lahan akan luruh kembali, sehingga hal ini di sebut dengan siklus menstruasi.

Siklus Menstrusi Tidak Normal

Yang di sebutkan di atas merupakan siklus menstruasi yang normal. tetapi ada pula yang terjadi siklus menstruasi yang tidak normal,sehingga datang nya menstruasi akan tidak menentu setiap bulan nya. jika datang nya siklus menstruasi tidak normal pada wanita yang baru mengalami menstruasi maka cukup wajar, karena hormon masih belum stabil produksi nya.

Tetapi jika siklus menstruasi yang terjadi tetap tidak normal semakin bertambah nya usia, maka bisa melakukan pengecekan di rumah sakit atau dokter khusus yang menangani hal menstruasi. Karena hal ini bisa menjadi suatu tanda atau gejala ada nya penyakit di dalam rahim. Penyakit yang mempengaruhi siklus menstruasi merupakan penyakit kista,yang cukup serius hingga dapat memungkinkan untuk tidak dapat hamil walaupun kecil kemungkinan nya untuk terjadi.


=====================================

>>> Pengobatan Menstruasi Tidak Lancar, Menstruasi Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Siklus Menstruasi. Bookmark the permalink.

Comments are closed.